Pemanfaatan
Teknologi Informasi dalam komunikasi Bisnis
Bidang Teknologi
Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis
ekonomi. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini menuntut
perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Jika dilihat
lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah
perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau jasanya
secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing
bisnisnya.
Saat ini penerapan
teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat
bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Penerapan Teknologi Informasi yang
dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
1. Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
2. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
3. Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan.
Pemanfaatan Teknologi
Informasi yang dilakukan dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan
meliputi bidang-bidang sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem
informasi properti, sistem informasi forwarding, sistem informasi pergudangan,
sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini, aplikasi audit internal
(pengawasan spi), sistem persediaan atk/cetakan, sistem inventarisasi peralatan
kantor, sistem electronic data interchange (edi) untuk pengiriman dokumen,
website dan intranet, dan sebagainya.
Salah satu yang paling
menonjol perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis adalah pengenalan
e-commerce.E-commerce menyediakan kesempatan bagi organisasi menakjubkan untuk
memperluas seluruh dunia pada biaya kecil.E-commerce adalah hanya didefinisikan
sebagai pembelian, penjualan, dan bertukar produk, jasa, dan informasi melalui
jaringan komputer, terutama internet. Manfaat dan dampak e-commerce telah
membawa tidak hanya untuk organisasi, tetapi pelanggan dan masyarakat.Hari ini
perusahaan kecil sekarang memiliki kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan
besar, konsumen toko dari rumah atau lokasi manapun 24 jam sehari, dan individu
bekerja di rumah, di mana membantu perekonomian dengan sedikit lalu
lintas.Online advertising telah meningkatkan keuntungan banyak organisasi
secara besar-besaran dengan memungkinkan perusahaan untuk mencapai jumlah
konsumen yang luas dengan harga lebih murah.
Teknologi Informasi
tidak hanya membawa manfaat dalam organisasi,tetapi kepuasan pelanggan juga
meningkat dengan pelaksanaan Internet.Hari ini, pelanggan lebih berpengetahuan
tentang kualitas dan ketersediaan produk yang ada di pasar yang
bersaing.Melalui penggunaan internet dan perdagangan elektronik,konsumen dapat
menemukan ribuan produk dan mencari kualitas terbaik dan harga.Banyak
perusahaan juga memiliki on-line membantu, misalnya, jika Anda ingin membeli
sebuah televisi on line dan membutuhkan pertanyaan yang diajukan, Anda bisa
cukup klik pada “on-line membantu” icon dan seseorang akan segera membantu
Anda.Sebelum IT dilaksanakan, mengambil persediaan dan penjadwalan untuk
bahan-bahan untuk datang mengambil banyak pengambilan keputusan dan
perencanaan.Sebuah perusahaan tidak ingin memiliki kelebihan dari bahan baku
ware-rumah mereka, atau tidak cukup bahan. waktu pendekatan persediaan membantu
masalah itu dengan menjadwalkan bahan-bahan untuk tiba di gudang kapan tepatnya
diperlukan.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar