Nama : Nurul
Ryah Arafah
NPM :
15612548
Kelas :
3SA03
Tujuan & Manfaat Komunikasi Bisnis
TUJUAN
KOMUNIKASI BISNIS
Secara
umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi (Informing)
persuasi (persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens
(pelanggan).
a. Memberi
Informasi
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah
memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain,
contoh seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan,
maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur
internet, dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat
dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan
dipilih.
Dan itu tergantung pada kebijakan perusahaan dengan melihat
kemampuan internal perusahaan tersebut. Contoh yang lain misalnya sebuah
Departemen Store memasang tulisan discotn besar-besaran pada produknya.
b. Memberi
Persuasi
Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah memberikan
persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik
dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan
konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua pihak
memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada yang merasa dirugikan.
c. Melakukan
Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah
melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang
lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah
melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan
teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai media
telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat
elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting
artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
MANFAAT
KOMUNIKASI BISNIS
Dalam melakkan komunikasi
bisnis, terdapat 2 manfaat secara umum yang dapat diperoleh. 2 manfaat tersebut
adalah;
1. Manfaat
Eksternal
Komunikasi
bisnis dengan pihak ketiga yang efektif membawa dampak positif dalam
keberhasilan usaha bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata
masyarakat.
Contohnya:
laporan, brosur dan presentasi bisnis yang disusun secara profesional dapat
meningkatkan
citra perusahaan.
Komunikasi bisnis yang
tidak efektif yaitu sangat mahal biayanya, menurunkan cita perusahaan,
memboroskan jam kerja dan menjauhkan pelanggan.
2. Manfaat
Internal
Kemampuan
berkomunikasi secara efektif menunjang karir eksekutif perusahaan.
8 hal
yang menjadi pertimbangan mempromosikan jenjang karir eksekutif;
a).
Kemampuan bekerja keras
b).
Kemampuan manajemen
c).
Kepercayaan diri
d).
Kemempuan mengambil keputusan yang sehat
e). Latar
belakang akademis
f).
Mempunyai ambisi untuk maju
g).
Kemampuan berkomunikasi secara efektif
h).
Berpenampilan menarik
sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar